PROPOSAL PEMBANGUNAN DESA
WISATA PULESARI
Latar Belakang
Desa wisata ini merupakan desa wisata yang berdiri sendiri yang berawal dari masyarakat, Oleh Masyarakat dan untuk masyarakat bedasar semangat gotong royong membangun sebuah desa serta komitmen bersama dan banyaknya potensi yang ada diwilayah yang perlu kami lestarikan dan dikembangkan maka dari itu memunculkan sebuah gagasan sebuah ide untuk membetuk sebuah Desa wisata. Awal mulai mencanangkan konsep pariwisata pada tanggal 26 Mei 2012 dan dilakukan lounching desa wisata dan diresmikan pada tanggal 09 November 2012 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman,
Desa Wisata ini menyajikan sebuah wisata Alam dan Budaya Tradisi dalam artian Desa yang mempunyai potensi alam yang luar biasa sehingga perlu kita lestarikan serta dikembangkan dan dimanfaatkan sewajarnya tanpa merubah sebuah esensi dari pada kawasan pedesaan. Budaya Tradisi merupakan wujud dari desa yang selalu melestarikan nilai-nilai Budaya yang ada dimasyarakat agar tidak punah ditelan zaman moderenisasi ini.Desa wisata ini bertujuan untuk mempedayakan SDM dan SDA yang ada agar eksistensi Desa Wisata ini dapat dikenal dan diakui oleh masyarakat luas sehingga bisa menjadikan atraktif tersendiri bagi wisatawan yang hanya sekedar datang untuk menikmati suasana pedesaan yang ada diwilayah kami.
Gambaran Umum Desa Pulesari
Desa Wisata Pulesari berdiri dengan semangat gotong royong dan dibangun atas dasar dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Desa wisata Pulesari ini terletak di Pulesari, Wono Kerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Nilai jual dari Desa Wisata ini adalah wisata alam dan budaya tradisi dalam artian desa yang mempunyai potensi alam yang luar biasa sehingga perlu kita lestarikan serta dikembangkan dan dimanfaatkan sewajarnya tanpa merubah sebuah esensi dari pada kawasan pedesaan.
Analisa SWOT
a.
Kekuatan (Strength)
-
Program permainan yang sederhana namun cenderung asik
pembawaannya
-
Wahana terawat dan dalam keadaan baik
-
Fasilitas cukup lengkap mulai dari permainan, kerajinan,
hingga oleh oleh
b.
Kelemahan (Weakness)
-
Kurang adanya pembaharuan dalam segi wahana
c.
Peluang (Oppurtunities)
-
Paket wisata yang ditawarkan terbilang cukup mudah
sehingga bisa digunakan untuk berbagai umur dan kalangan
-
Kaliurang merupakan tempat wisata terkenal di daerah
Yogyakarta
d.
Ancaman (Threats)
-
Di daerah Turi sendiri mulai banyak bermunculan
desa wisata yang menawarkan hal yang tidak jauh beda dengan harga yang cukup
kompetitif
Insight
Desa Wisata Pulesari memiliki konsep yang fun, dimana mereka
menitik beratkan pada wisatawan yang datang adalah tipe orang yang jenuh dan
letih sehingga mereka menawarkan berbagai permainan sederhana dan cenderung
mengedepankan Kerjasama tim dengan media khas pedesaan yang semakin jarang
dapat ditemukan di daerah pada umumnya. Dengan konsep seperti itu, Desa Wisata Pulesari
ingin mengajak wisatawan untuk bermain bersama menikmati alam dan melepaskan
penatnya sejenak.
Positioning
Desa Wisata Pulesari ini sangat menjual
citra desa wisata yang tepat untuk dikunjungi oleh para pekerja keras, pelajar,
dan wisatawan manca negara. Dengan segala permainan yang ditawarkan, desa
wisata ini ingin menunjukkan bahwa Indonesia khususnya Turi memiliki alam yang
indah, asri serta warganya yang memiliki nilai ramah tamah yang tinggi.
Semboyan
T= entram, R= amah, A= man,
DI= namis. S=
ehat, I= ndah
Big Idea
a. Desa Wisata Pulesari merupakan desa wisata yang terletak di daerah Turi, Sleman, dengan fasilitias dan wahana yang cukup lengkap
b. Desa Wisata Pulesari cocok untuk dijadikan Pelepas penat bersama teman-teman
c. Desa Wisata Pulesari menawarkan berbagai jenis wisata kepada pelanggan
Memasuki salah satu wahana inti dari Pulesari yaitu susur sungai dan lewati rintangan air |
Memasuki salah satu wahana inti dari Pulesari yaitu susur sungai dan lewati rintangan air |
Potensi desa wisata
a. Sebagai lokasi wisata, Desa Wisata Pulesari terletak di daerah yang cukup tinggi yang sejuk dan alam yang masih terjaga
b. Memiliki agro wisata kebun salak, sungai dan arena permainan lain yang cukup luas
c. Memiliki beberapa grup kesenian tradisional dengan pemain warga setempat
d. Memiliki banyak ragam kuliner tradisional yang khas Sleman dan siap saji
e. Memiliki beberapa homestay dengan arsitektur tradisional
f. Memiliki even outbond dengan fasilitas yang cukup lengkap.
Permasalahan
a. Kurang adanya pembaharuan dalam segi wahana. Dalam hal ini, memang wahana di Desa Wisata Pulesari cukup lengkap namun tidak ada salahnya untuk menambahkan sentuhan baru untuk penyesuaian.
b. Lokasi yang terbilang cukup jauh dari kota Yogyakarta cukup membuah wisatawan luar kota akan berpikir beberapa kali apakah worth dengan perjalanannya atau tidak. Disini tentu peran social media dalam melakukan branding harus lebih digiatkan untuk memunculkan citra yang bagus.
c. Website dan media social cenderung using dan perlu dilakukan pembaharuan agar lebih menarik orang ketika mencari informasi
Maksud dan Tujuan Desa Wisata
a. Meningkatkan Kesejateraan masyarakat dengan motivasi dan komitmen bersama membangun pola pikir yang rasional.
b. Melestarikan dan mengembangkan Seni dan budaya Tradisi Masyarakat Tradisonal.
c. Meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang berkualitas dan berkembang.
d. Mengutamakan Kualitas Desa Wisata dibandingkan Kwantitas
e. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membangun desa wisatab Yang bersih,aman dan nyaman.
Segmentasi
a. Demografis Keluarga : Dari segala tingkat usia, karna permainan yang cenderung mudah dan hanya mengutamakan kekompakan tim.
b. Geografis : Masyarakat kota, Pelajar, wisatawan luar daerah dan luar negeri
c. Psikografi : Secara psikologis adalah masyarakat kota yang jenuh dengan suasana perkotaan dan menginginkan nuansa alam dan pedesaan yang berbeda dari rutinitas kota sehari-hari.
Sasaran
a. Pemuda / remaja
- Menyalurkan bakat , minat kreatifitas di bidang seni
- Mencegah hal-hal yang negative
- Menciptakan lapangan pekerjaan
b. Masyarakat Desa Wisata Pulesari
c. Menjadikan Desa Wisata Pulesari sebagai desa wisata tujuan wisatawan
Rencana Program Kegiatan
a. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat
b. Peremajaan sector media (website dan social media)
c. Peningkatan sarana dan prasarana terutama wahana
Andrean Nur Fauzi - 18107030063 - Advertising A
No comments: